PENIPUPAN MODUS BARU

buaya

Benar benar zaman sudah susah segala cara dilakukan untuk mendapatkan uang, saya mendengar, menyaksikan hari ini saudara sahabat saya hampir kena tipu, modus kali ini sedikit unik;

Pelaku menelpon calon korban, kebetulan calon korban berada di solo jawa tengah, pelaku berpura pura dari kantor polisi di ibu kota Jakarta yang ngakunya bernama Bambang, menkabarkan bahwa kaka calon korban mengalami kecelakaan, kemudian polisi mempersilahkan calon korban untuk berbicara langsung dengan pihak medis yang ngakunya bernama hendi dan handoyo yang mengaku dari kima Farma tangerang. selanjutnya pihak medis memberi tahu bahwa kakak sikorban membutuhkan biaya yang cukup besar yaitu mencapai Rp 18.000.000

juntuk operasi, tambah darah dan lainya, karena dikabarkan mengalami kecelakan yang yang sangat parah hingga mengalami geger otak, sang adik yang berada di solo jatengpun panik karena kebetulan hari itu tidak ada orang satupun, apa lagi si pelaku mengkabarkan kalau waktunya hanya setengah jam saja setelah lewat dari setengah jam maka nyawa akan lewat. dari kepanikan itu calon korban menghubungi saudaranya yang kebetulan di Jakarta yaitu sahabat saya. sahabat saya ternyata tidak terpancing panik dia memberi tahukan kepada saya kalau saudaranya kecelakaan, dan minta ijin untuk keluar kantor, karena memang saat itu sahabat saya sedang bekerja.

Sahabat saya dengan tenang berangkat menuju tempat saudaranya yang dikabarkan kecelakaan, namun sambil dalam perjalanan dia mencoba menghubungi istrinya via telpon memperintahkan kepada sang istri untuk menelpon ke kantor dimana saudaranya bekerja, apakah betul mengalami kecelakaan, dan memastikan apakah ada orang yang bernama handoyo di Kimia farma tangerang. setelah di cek ternyata saudaranya tidak apa apa dan nama handoyo juga tidak ada di kimia farma tangerang, memang ada nama itu namun di kimia farma depok, dan memang pak handoyo yang bersangkutan tidak tahu menau soaal ini akhirnya istri sahabasaya memberi tahukan ke sahabat saya. Sahabat saya kemudian memberitahukan ke saudaranya di solo kalau ternyata sang kaka dan istrinya baik-baik saja, sehat-sehat saja dan sedang melakukan kegiatanya yaitu bekerja.

Sebenarnya sahabat saya sudah merasakan keganjalanya dari awal karena jumlah Rp.18.000.000 sempat di tawar Rp. 5000.000,- dan oke, bahkan untuk menghadapi masalah ini juga tenang, tidak sedikitpun panik.

Dari kejadian ini saya ingin ingin memberitahukan kepada semua pembaca, hati-hati dengan Kartu nama, jangan asal memberikan kepada orang yang belum kita kenal, hati hati dengan data asli yang di terbitkan di internet, data yang di berikan ke sales Kartu kredit, atau menaruh dompet sembarangan. karena data itu bisa disalahgunakan untuk penipuan.

Tips Menghadapi penipuan dengan modus di atas.

1. Bersikap tenang jangan panik

2. Cek kebenaranya langsung ke rumasakit/kantorpolisi yang di maksud

3. Hubungi teman,saudara atau orang yang anda kenal dan percaya utnuk membantu ngusut kebenaran dari berita ini.

4. Jangan mentrasfer uang kerekening siapapun sampai terbukti benar

Pujianto untuk Pembaca

Tinggalkan Balasan

